9 Cara Agar Smartphone Android Tidak Lemot

9 Cara Agar Smartphone Android Tidak Lemot – baiklah pecinta kuliner semua, kali ini tabloidkuliner.com akan berbagi informasi tentang “9 Cara Agar Smartphone Android Tidak Lemot“. harapan kami resep ini bermanfaat untuk pengunjung semua yang suka memasak. jangan lupa teruskan 9 Cara Agar Smartphone Android Tidak Lemot ini ke rekan anda ya.

9 Cara Agar Smartphone Android Tidak Lemot

Bagi para pengguna android mungkin lemot bukan lagi hal yang baru, android memang terkadang cepat lemot, apalagi bagi pengguna baru android yang masih suka otak-atik android seperti mencoba aplikasi-aplikasi baru dan menarik di playstore.

Android yang lemot tentu akan membuat kamu jenuh, bosan bahkan bisa emosi. bagaimana tidak jika ada sesuatu yang sangat genting dan mendadak lalu tiba-tiba android-nya lemot. tapi jangan khawatir dengan 9 Cara Agar Smartphone Android Tidak Lemot ini, semuanya bisa teratasi.

rumpibanget.blogspot.com

1. Kapasitas RAM dan Internal Memory

Perhatikan spesifikasi dari Tablet Android anda. Yang saya maksud adalah kapasitas dari internal memory dan Random Acces Memory (RAM) Android tersebut apakah memiliki kapasitas yang cukup besar untuk mendukung aplikasi canggih yang Anda pasang. Cara mengetahuinya adalah tap Task Manager maka disana akan ditampilkan keterangan RAM dan Internal memory handset Android yang anda pakai.

2. Non-aktifkan Fitur Auto Update Apps Android di Playstore

Fitur auto update apps android ini memang terasa baik untuk mendapatkan aplikasi ter-update, namun akan merasa terganggu apabila tiba – tiba ponsel android kamu men-download dan meng-install aplikasi ketika sedang digunakan untuk menjalankan aplikasi lain.

3. Versi OS Android

Versi OS Android, jika anda pengguna yang baru membeli atau memakai Android maka anda harus mengetahu versi system operasi yang digunakan didevice anda tersebut. Mungkin anda telah mendengar tentang Android OS 4.4 Kitkat dan yang terbaru adalah Adroid 5.0 L. Cara memeriksanya adalah tap drawer setting > About Tablet/Phone > Android version.

4. Hindari Live Wallpaper

Live wallpaper adalah salah satu fitur android yang sangat menarik dilihat dan dicoba pada ponsel android. Namun kenapa perlu dihindari ? Tentu saja untuk menjalankan live wallpaper dibutuhkan kinerja GPU untuk me-render grafik bergerak. Hal ini akan mengurangi responsif pada layar sentuh ponsel android kamu pastinya. Kinerja GPU yang dibutuhkan untuk me-render grafik live wallpaper tentu akan mengurangi daya tahan baterai, konsumsi baterai yang lebih juga akan membuat kamu berfikir 2 kali.

5. Kapasitas Memory External (Micro SD)

Memory External (Micro SD) masih sedikit orang yang memperhatikannya. Lupakan dengan jumlah kapasitas eksternal memori yang anda miliki karena saya yakin jumlah kapasitas yang digunakan bisa 8Gb, 16Gb atau 32Gb. Namun menurut saya point nya bukan dikapasitas melainkan dari Class. Yang terbaik adalah Micro SD yang memiliki Class 10 dan akan sangat cocok bagi Anda yang menggunakan Android untuk tujuan mendukung bisnis atau memiliki hobi seperti menggambar. Dengan menggunakan Micro SD yang memiliki class 10 Anda tidak perlu khawatir jika mengembalikan file yang terhapus karena biasanya class ini lebih kuat. Cara mengetahuinya, matikan lalu buka Android anda kemudian buka dan lihat Micro SD tersebut biasanya akan ada angka 4, 6 dan 10 yang terlihat memakai huruf kecil.[next]
rumpibanget.blogspot.com

6. Tutup Aplikasi yang Berjalan di Background

Kamu mungkin tidak menyadari bahwa aplikasi yang kamu keluarkan dengan cara menekan tombol Home sebenarnya belum tertutup. Aplikasi tersebut masih berjalan di background, atau disebut multi-tasking apabila kamu membuka aplikasi lain setelah menekan tombol Home. Jika aplikasi tadi belum tertutup atau masih berjalan di background dan kamu membuka aplikasi lain tentu ini akan memaksa ponsel android kamu untuk melakukan multi-tasking.

7. Kontrol Banyaknya Aplikasi.Apk

Terlalu banyak aplikasi .apk yang di install. Hal ini sangat berkaitan dengan Versi android OS. Jangan terlalu sering memasang aplikasi .apk karena bisa menyebabkan Android anda blank, crashing, force close dan bahkan menyebabkan Android anda menjadi lemot. Biasakan untuk selalu download aplikasi dari Google Play Store atau Amazon Apps karena server mereka akan melakukan scanning otomotas terhadap jenis versi aplikasi yang cocok untuk device Anda. Selain itu dengan membiasakan mengunduh dari sana akan membuat tablet lebih aman dari infeksi malware karena mereka selalu memeriksa otomatis setiap aplikasi yang dicurigai memiliki virus akan dihapus dari pasar mereka.

8. Minimalkan Penggunaan Widget

Widget pada ponsel android ini memberikan kemudahan untuk menggunakan aplikasi yang tersedia. Misal shortcut untuk melakukan suatu fitur pada aplikasi tertentu, atau melihat informasi yang ter-update pada aplikasi tersebut. Namun jika terlalu banyak widget tentu akan memakan penggunaan memori RAM pada ponsel android yang akan mengakibatkan tidak ada ruang lagi untuk penggunaan aplikasi lain.

9. Mereset Ulang Sistem Operasi Android/Factory Reset

Cara terakhir apabila 5 langkah diatas masih terasa kurang gunakan cara ini, Factory reset. Factory reset atau mengembalikan ponsel android kamu dalam keadaan fresh seperti baru/semula. Khususnya pada bagian memori karena memori internal dan memori internal akan terisi dengan aplikasi bawaan pabrik saja.

Jarang bagi pengguna android memperhatikan 9 Cara Agar Smartphone Android Tidak Lemot diatas, mudah bukan? apalagi untuk pengguna android yang baru hal-hal diatas adalah wajib untuk kamu ketahui jika kamu pengguna baru android.

9 Cara Agar Smartphone Android Tidak Lemot – Resep Masakan, Resep Kue Kering, Resep Kue Basah


demikianlah tadi info tentang “9 Cara Agar Smartphone Android Tidak Lemot”. harapan kami resep ini berguna untuk kamu dirumah. Jangan lupa klik tombol share ya supaya makin banyak orang yang tahu akan resep 9 Cara Agar Smartphone Android Tidak Lemot ini.

Sumber gambar & resep disadur dari : resepmasakandapurindonesia.blogspot.com

Resep Lainnya Yang Banyak Disuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *