BIJI SALAK UNGU

BIJI SALAK UNGU – baiklah pengunjung tabloidkuliner.com semua, saat ini tabloidkuliner.com akan akan informasikan mengenai “BIJI SALAK UNGU“. semoga saja resep ini membawa manfaat untuk pembaca yang cinta memasak. jangan lupa sebarkan BIJI SALAK UNGU ini ke teman qmu ya.

Assalamu’alaikum wr wb.tidak terasa hari ini sudah menginjak hari ke enam kita melaksanakan puasa, semoga saja dalam  empat hari tersebut pusa kita semua diterima Alloh s w t begitupun hari selanjutnya hingga selesai nanti.Kebiasaan lumrah yang dilakukan pada bulan penuh barokah ini adalah membuat aneka olahan untuk berbuka puasa,diantaranya adalah membuat Kolak Pisang,atau membuat Biji Salakdan masih banyak olahan menu lainya yang identik dengan bulan puasa ini.

Yang paling suka khususnya saya pribadi adalah menyajikan menu Biji Salak untuk menu buka puasa ,and saya yakin sobat sobit blogger sudah tahu atau bahkan pernah merasakan sensasi rasa yang namanya biji salak ini,Biji salak adalah makanan semacam kolek yang berbahan dasar ubi rambat,rasanya kenyal namun sangat lembut dimulut.
Bicara soal ubi,saya  teringat ke suatu daerah yang ada di Jawa Barat,yaitu tepatnya di desa Cilembu di daerah Sumedang,disana sangat terkenal dengan yang namanya ubi Cilembu,konon umbi tersebut tidak bisa ditanam di daerah selain desa Cilembu.Ubi jalar tersebut dikenal dengan nama Hui boled ( Sunda )Telo/Tela rambat ( Jawa ) Sweet potatoes ( English ).
Selain karbohidrat sebagai kandungan utamanya,ubi ini juga mengandung vitamin dan mineral Fitokimia ( antioksidan )dan serat yang baik buat kesehatan tubuh kita,makanya menu buka puasa kali ini saya menampilkan :Biji salak Bandung,  bahanya dari ubi,tapi ada yang beda yaitu menggunakan ubi yang berwarna ungu kebiruan

UBI ini warnanya Biru,tapi soal kandungan gizinya tetep sama ,Soalnya ubi ini mempunyai beberapa jenis salahsatunya berwarna biru ,mungkin ini varietas baru atau bagaimana yah Heze saya  kurang paham soal ini,tanya aja mungkin sama ahlinya,tugas saya sekarang adalah memasaknya,untuk dihidangkan nanti saat waktu berbuka puasa heheheh.
Bahan :
 1 kg Ubi jalar ( warna menurut selera )
  • 100 gr Tepung tapioca
  • 1/4 sdt Garam
  Gula syrup:
 250 gr Gula Jawa ( palm sugar )
  • 250 mil Air
  • 2 Lembar daun pandan
 
Santan
  • 700 ml santan ( 1 butir kelapa parut )
  •  2 Lembar daun pandan
  • 1/4 sdt Garam
  Caranya :
 Kupas ubi cuci bersih kemudian potong tipis-tipis,lalu kukus sampai matang,kemudian angkat dan haluskan ,lalu campurkan tepung tapioca terus aduk sampai kalis ( tidak lengket di tangan ) jangan lupa garamnya ,biar ada rasa .Panaskan air setelah itu bentuk bilat-bulat adonan ubi tadi lalu masukan kedalam rebusan air,bila adonya sudah mengambang berarti Biji salaknya sudah jadi,angkat dan tiriskan.
 Cara membuat gula syrup:
Panaskan air kira-kira 0,5 liter,kemudian masukan gula jawa,daun pandan,beri sedikit garam,aduk terus sampai semuanya larut,kemudian angkat dan saring,lalu masak kembali sampai benar-benar matang dan agak mengental,angkat dan dinginkan.
Bigitu pula dengan santanya ,munkin pemirsa sudah paham bagaimana cara membuat santan yang baik hehehe
Untuk tambahan saya menggunakan Pisang tanduk,yang terlebih dahulu di kukus,kemudian di potong-potong sesuai selera,dan masih bisa di tambahkan lagi yang lain kalau memang ada,,,
Susun biji salak,pisang dll di mangkok atau di gelas saji,lalu masukan gulanya,santan,dan es batu ( kalau suka ),tapi kalau saya sih lebih suka yang hangat heheheh,,,,ok  jadilah BIJI SALAK BANDUNG ,Pada dasarnya semua orang pasti bisa masak yah,itu pasti,tapi ada pepatah mengatakan lain koki lain masakan,hehe,,naahh kalau temen-temen kepengen membuat BIJI SALAK ala saya ,silahkan di coba resepnya,selamat mencoba and selamat berbuka puasa,,,,,,,,,,,,,
Terimakasih

Dede Thea

demikianlah tadi artikel tentang “BIJI SALAK UNGU” kali ini. harapan kami resep ini memberi manfaat untuk anda dirumah.

Sumber gambar & resep: resepku.cf

Resep Lainnya Yang Banyak Disuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *