Cara membuat Cireng yang Enak dan Awet Empuk

Cara membuat Cireng yang Enak dan Awet Empuk – baiklah pembaca semuanya, pada kesempatan ini admin akan persembahkan “Cara membuat Cireng yang Enak dan Awet Empuk“. mudah-mudahan resep ini cocok untuk pengunjung semua yang senang memasak. jangan lupa bagikan Cara membuat Cireng yang Enak dan Awet Empuk ini ke teman qmu ya.


resep cireng enak dan awet empukBismillahirrahmanirrahim.
Cireng merupakan cemilan yang berasal dari Bandung. Cireng berasal dari kata ‘Aci di goreng’ adalah salah satu makanan olahan tepung tapioka dimana cara memasaknya dengan di goreng dalam minyak yang banyak dan sudah dalam keadaan panas. Saat ini cireng sudah cukup populer di Indonesia, mudah di temui dimanapun, banyak pula di jual di pinggir – pinggir jalan. Bahkan sekarang sudah banyak pula yang menjualnya secara online seperti merk cireng salju. Bagi anda yang suka makan cemilan, jangan lupa untuk mencicipi cireng. Cireng memiliki cita rasa yang enak dan gurih sehingga banyak yang menyukai cemilan ini termasuk saya sekeluarga.

Cireng ada banyak variasi bentuk dan variasi rasa antara lain daging ayam, sosis, sapi, baso,  ayam teriyaki dan juga keju. Cireng akan lebih nikmat bila sajikan dengan sambal bumbu rujak.Beberapakali membuat cireng, menurut saya ini yang paling pas sesuai yang saya inginkan. Kulit cirengnya renyah dan lembut didalamnya, walaupun sudah dingin cireng tidak menjadi keras ataupun alot, walaupun mungkin tidak selembut saat masih hangat. Cireng yang saya buat ini merupakan cireng versi padat yang tidak menyerap banyak minyak..terinspirasi dari grup LE kalau ga salah mb Fah Lia. Sengaja menambahkan tepung terigu untuk mengurangi alotnya. Sangat Mudah membuat cireng sendiri di rumah, tentunya akan lebih sehat dan rasa bisa disesuaikan sesuai selera anda. Bagaimana cara membuat cireng yang renyah di luar tapi tetap lembut di dalam? Mari membuat cireng bersama Haniyakitchen.
Siapkan wadah, masukkan semua bahan (kecuali bahan biang) dan aduk rata. Dengan resep yang sama, saya pernah mencoba membuat cireng dengan tepung tapioka dan tepung sagu. Kalau saya lebih suka menggunakan tepung sagu karena hasilnya lebih empuk dan tidak alot meskipun sudah dingin.
Siapkan panci, masukkan semua bahan biang dan aduk rata. Saya menggunakan wadah lain (gelas ukur) untuk mencampur bahan biang, baru saya tuang ke panci.resep cireng renyah
Masak adonan biang hingga mendidih. Aduk terus hingga adonan mengental seperti lem. Gunakan api sedang untuk memasak.
cara membuat cireng enakMasukkan campuran tepung ke dalam adonan biang. Masukkan sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan tangan dengan sedikit diremas hingga adonan tercampur rata.

cara membuat cireng empuk
Bentuk adonan menjadi bulat-bulat pipih. Agar tidak lengket, tambahkan tepung aci di telapak tangan.
Setelah dibentuk, baluri permukaan cireng ke tepung sagu yang dipakai sebagai taburan.
cara membuat cireng tidak alot
Sebelum menggoreng, panaskan terlebih dahulu minyak gorengnya, gunakan api kecil kemudian masukkan cireng saat minyak masih hangat (belum terlalu panas). Goreng cireng hingga matang dan
cireng siap disajikan dengan menggunakan sambal rujak cireng.

Resep Rujak Cireng Renyah dan Empuk

Bahan membuat cireng :

Bahan Biang :

  • 50 gram tepung sagu
  • 200 ml air atau (135 air + 65 ml santan)

Bahan Cireng :

  • 150 gram  tepung sagu/tepung tapioka
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1/2 sdt bawang putih bubuk / 3 siung bawang putih (haluskan)
  • 1/2 sdt kaldu ayam
  • 1/4 sdt lada putih bubuk
  • 1 batang daun bawang,cincang halus
  • garam secukupnya
  • tepung sagu untuk taburan

Bahan Bumbu Rujak (haluskan):

  • 75 gram gula merah
  • 3 biji cabe rawit merah (sesuai selera)
  • 2 sdm kacang tanah goreng
  • 1/2 sdt terasi bakar (optional)
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm air asam jawa
  • Air hangat secukupnya

Cara membuat Cireng yang renyah dan awet empuk :

  1. Siapkan wadah, masukkan semua bahan (kecuali bahan biang) dan aduk rata. Sisihkan.
  2. Siapkan panci, masukkan semua bahan biang dan aduk rata, kemudian masak hingga mendidih, aduk terus hingga adonan mengental seperti lem.
  3. Masukkan campuran tepung ke dalam adonan biang. Masukkan sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan tangan dengan sedikit diremas hingga adonan tercampur rata.
  4. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat pipih. Agar tidak lengket, tambahkan tepung aci di telapak tangan.
  5. Setelah dibentuk, balurkan ke tepung sagu yang dipakai sebagai taburan.
  6. Goreng dalam minyak panas hingga matang (gunakan api sedang), angkat dan tiriskan.
  7. Cireng siap disajikan dengan menggunakan sambal rujak cireng.

  Cara Membuat Sambal Bumbu Rujak:

  1. Siapkan Cobek, masukan gula merah, cabe rawit, bawang putih, terasi, dan garam, uleg hingga halus. Kemudian masukan kacang tanah uleg lagi sampai agak halus. ( jangan terlalu halus)
  2. Tambahkan air asam dan air hangat secukupnya, aduk sampai rata. Siap disajikan.

    Cireng merupakan jajanan favorit mbak hani dan mbak haya, termasuk saya juga :D. Hanya saja karena jajanan ini gorengan, saya agak membatasi dalam membuatkan cireng ini. Resep cireng ini merupakan resep cireng paling enak yang pernah saya coba. Untuk anda yang juga penggemar cireng dan baru belajar untuk membuatnya..coba deh resep cireng ini..


    demikianlah tadi info tentang “Cara membuat Cireng yang Enak dan Awet Empuk”. harapan kami resep ini memberi manfaat untuk pengunjung sekalian. Jangan lupa bantu share ya biar semakin banyak kawan yang tau resep Cara membuat Cireng yang Enak dan Awet Empuk ini.

    Sumber gambar & resep disadur plek dari : reseppercobaanmasak.blogspot.com

    Resep Lainnya Yang Banyak Disuka

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *