Cara Menyimpan dan Melelehkan Coklat Yang Benar.

Cara Menyimpan dan Melelehkan Coklat Yang Benar. – halo pecinta kuliner semuanya, dihari yang indah ini saya akan berbagi informasi tentang “Cara Menyimpan dan Melelehkan Coklat Yang Benar.“. semoga resep ini dapat bermanfaat untuk pembaca yang suka memasak. jangan lupa share Cara Menyimpan dan Melelehkan Coklat Yang Benar. ini ke kawan qmu ya.


melelehkan coklatBismillahirrahmanirrahim.
Banyak yang mungkin belum tau cara menyimpan dan melelehkan coklat yang benar. Hal tersebut  juga pernah saya alami sebelumnya. Kadang ada saatnya dalam melehkan coklat yag terjadi coklat malah menggumpal, sehingga ketika dipakai untuk glaze  misalnya hasilnya tidak mulus. Melelehkan coklat biasa digunakan untuk membuat coklat praline, kue coklat, ganache pada kue, es krim coklat dan masih banyak lagi. Anda  pecinta coklat dan suka membuat jajanan atau makanan dari bahan coklat? sebaiknya simak cara menyimpan dan melelehkan coklat yang benar, agar coklat tidak mudah rusak.
baca juga penggunaan coklat leleh untuk melapisi biskuit yang pernah saya posting sebelumnya :Coklat biskuit eggdrop stik : Jajanan anak enak super simple

Cara Menyimpan Coklat :

  1. Jangan menyimpan coklat di kulkas, biasakan menyimpan coklat ditempat dengan suhu udara normal/suhu ruangan  dan jangan menaruh coklat ditempat yang terkena sinar matahari secara langsung.
  2. Perhatikan batas tanggal kadaluarsa, Apabila anda mempunyai banyak stok coklat jangan lupa untuk memberi label masa penyimpannya.
  3. Apabila terjadi perubahan warna pada coklat itu menandakan bahwa kandungan kimia gula dalam coklat tersebut sudah rusak dan coklat sebaiknya tidak dikonsumsi lagi.

Cara melelehkan coklat :

  1. Siapkan dua (2) buah panci yang berbeda ukuran, yang ukuran agak besar digunakan untuk mengetim atau menaruh coklat sedang panci yang lebih kecil nantinya diisi air.
  2. Potong coklat dengan ukuran kecil – kecil, lalu taruh pada panci atau mangkuk tahan panas yang biasa digunakan untuk mengetim.
  3. Masak diatas panci yang berisi air sebanyak setengah ukuran panci, tapi jangan sampai mendidih. Hal ini untuk menjaga agar coklat tidak rusak. Cukup di tim diatas air hangat suhu sekitar 50-60 C.
  4. Aduk coklat pelan – pelan hingga semua meleleh, hati – hati saat mengetim, jangan sampai ada uap air atau air tim yang masuk kedalam panci berisi coklat karena akan menyebabkanhasil lelehan coklat tidak mulus.
  5. Setelah coklat memeleh, angkat dan diamkan sebentar. sehingga suhunya tidak terlalu panas. Hal ini dilakukan agar coklat yang dilelehkan hasilnya lebih mengkilat.
  6. Melehkan coklat selai denga cara di tim bisa juga dengan menggunakan microwave. atau bisa dengan mengunakan mejikom, caranya masukkan coklat kedalam plastik segitiga (plastik yang biaa digunakan untuk menghias cake), ikat kencang dan masukkan ke dalam mejikon sekitar 5-10 menit.

Demikian tips menyimpan dan melelehkan coklat yang saya ketahui dan sudah saya praktekan. Apabila anada memiliki cara lain dalam melelehkan atau menyimpan coklat, silahkan share disini..Terimakasih…


demikianlah tadi sharing tentang “Cara Menyimpan dan Melelehkan Coklat Yang Benar.”. harapan kami resep ini memberi manfaat untuk pembaca sekalian. Jangan lupa bantu share ya supaya makin banyak orang yang tahu akan resep Cara Menyimpan dan Melelehkan Coklat Yang Benar. ini.

Sumber gambar & resep disadur plek dari : reseppercobaanmasak.blogspot.com

Resep Lainnya Yang Banyak Disuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *