EMPAL GENTONG

EMPAL GENTONG – hallo pengunjung tabloidkuliner.com semua, sekarang tabloidkuliner.com akan suguhkan “EMPAL GENTONG“. admin harap resep ini cocok untuk pengunjung semua yang senang memasak. jangan lupa share EMPAL GENTONG ini ke saudara qmu ya.

Bismillahirrohmanirrohim
Assalamu’alaykum warahmatullahEmpal gentong adalah salah satu makanan khas yang berasal dari Cirebon – Jawa Barat. Sekilas empal gentong ini mirip dengan gulai, tapi ternyata rasanya sangat berbeda. Empal gentong menggunakan bahan dasar daging sapi beserta jerohannya yang dimasak dengan berbagai rempah-rempah dalam sebuah “gentong” atau periuk / kuali yang terbuat dari tanah dengan menggunakan kayu bakar. Empal gentong bisa dinikmati dengan nasi atau irisan lontong. Yang menjadi ciri khasnya adalah memakai irisan kucai dan bukan daun bawang serta memakai sambal cabe kering giling.
Untuk saya sekeluarga, empal gentong biasanya hanya bisa dinikmati setahun sekali saat mudik. Kami biasa mampir di Cirebon hanya untuk sekedar menikmati makan siang dengan menu empal gentong dan empal asem. Biasanya kami mampir di empal gentong Amarta di daerah Plered Cirebon. Naaah…sudah 2 tahun ini kami absen menikmati empal gentong, karena full lewat tol. Kalau turun ke Cirebon, kebayang macetnya itu lho. Makanya saya sampai terkangen-kangen dengan empal entong ini….tsaaaah >_< Sudah lama sih saya pengen banget bisa bikin empal gentong sendiri tapi selalu mundur duluan. Suami saya yang pernah lama tinggal di Cirebon bilang, kalau bikin empal gentong memang agak “tricky” karena kalau salah dikit rasanya bisa jadi kaya gulai. Nah lhooo…mundur lagi deh saya hahaha. Tapi akhirnya minggu lalu nekat bikin empal gentong sendiri. 
Sebenarnya banyak sekali resep yang beredar, tapi saya memakai resep yang ditulis mbak Endang Just Try and Taste. Maklum banyak kan resep abal-abal, jadi saya milih yang recomended aja deh. Menurut saya masih ada yang kurang dari empal gentong yang saya buat ini, tapi saya gak tau apa itu huhuhu. Eits…bukan salah resepnya lho yaa, tapi mungkin memang saya yang kurang pas masaknya. Kata teman saya yang tinggal di Cirebon, kalau disana kita tinggal ke pasar dan bilang rempah untuk empal gentong, dikasihlah seplastik rempah-rempah komplit. Duuuh…enak ya kalau gitu. Ada juga teman yang bilang coba dikasih “klabet”, salah satu rempah yang biasa ditambahkan di empal gentong. Naah..itu saya memang gak pakai. Ada juga yang bilang, masaknya harus di gentong kali bund biar rasanya pas hihihi. Memang kalau dipikir benar juga tuh ya. Penjual empal gentong masih mempertahankan memasak dengan menggunakan gentong karena pasti memang cita rasanya berbeda dengan dimasak menggunakan panci biasa seperti saya.

Biarpun masih merasa ada yang belum pas, rasanya lumayan kok. Monggo yang berkenan bikin empal gentong juga di rumah, untuk tombo kangen empal gentong asli di Cirebon nih. Di resep ini, saya ngikut mbak Endang, yaitu daging ditumis dahulu bersama bumbu-bumbu baru dituang air. Konon dengan cara ini bisa mengeluarkan aroma sedap daging tersebut. Kalau mau langsung dimasukkan air tanpa ditumis dulu juga oke aja ya.
EMPAL GENTONG
Bahan :500 gr daging sapi, saya mix tetelan, potong dadu500 ml santan sedang1 liter air1 batang daun bawangMinyak untuk menumis secukupnya
Bumbu Halus :9 butir bawang merah7 siung bawang putih5 butir kemiri, sangrai1 sdm ketumbar, sangrai1/2 sdt merica butiran1/4 sdt jintan3 ruas kunyt2 ruas jahe
Bumbu Lainnya :1 batang serai memarkan5 daun jeruk4 daun salam3 butir kapulaga7 butir cengkeh2 bunga lawang / bunga pekak1 batang kecil kayu manis2 ruas lengkuas, memarkan3 sdm gula merah, sisir halus3 sdm air asam jawagaram secukupnya
Pelengkap :irisan kucaisambal cabe kering giling (saya pakai sambal rawit)jeruk nipis
Cara Membuat :1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan rempah daun dan bumbu lainnya. Aduk hingga rata.2. Masukkan potongan daging, aduk-aduk hingga berubah warna dan mengeluarkan air.3. Tuang air, masak hingga daging empuk dan bumbu meresap. kemudian tambahkan air asam jawa, gula merah dan garam.4. Tambahkan santan, masak sambil sesekali diaduk agar santan tidak pecah. Biarkan mendidih lagi kemudian test rasa hingga sesuai selera.5. Menjelang diangkat, masukkan irisan daun bawang, matikan api.6. Sajikan hangat dengan pelengkap.

Alhamdulillah…biar masih ada yang kurang pas, bisa jadi tombo kangen dengan empal gentong. Let me know ya kalau ada masukan tentang resep empal gentong ini. In shaa Allah next time pengen juga nyobain bikin empal asem. In shaa Allah.
Happy cooking…semoga bermanfaat ya ^^
itulah tadi artikel tentang “EMPAL GENTONG” saat ini. semoga saja resep ini mempunyai manfaat untuk pembaca semua.

Sumber gambar & resep disadur plek dari : resepqtaqta.blogspot.com

Resep Lainnya Yang Banyak Disuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *