PENYETAN IGA BAKAR

PENYETAN IGA BAKAR – halo pembaca semua, pada kesempatan ini saya akan persembahkan “PENYETAN IGA BAKAR“. kami berharap bahwa resep ini berguna untuk pembaca yang senang memasak. jangan lupa sebarkan PENYETAN IGA BAKAR ini ke teman kamu ya.

Bismillahirrohmanirrohim
Assalamu’alaykum warahmatullahHalooo…apa kabar? Udah nemu ide masak apa besok? Kalau itu sih saya banget, mikir menu mulai dari malam hahaha. Malam-malam udah ngecek bahan yang ada di lemari doraemon pula alias kulkas. Ini menu saya entah kapan, yang jelas menu bulan lalu deh. Telat banget kan, tapi gak apa-apa telat daripada gak diposting hihihi. Kalau di IG memang lebih update ya kakak, maklum lebih praktis gak harus buka laptop dulu. Saya kalau ngeblog pakai hape mah adanya malah bikin mumet karena hapenya juga hape imut nan jadul heuheuheu. Yuuk kita bikin penyetan iga..
Bagi saya menu penyetan adalah menu penggugah selera. Hmmm…menu boros nasi gitu deh. Bayangin aja ya, lauk dipenyet dengan sambal super pedas ditemani lalapan mentah, masya Allah nikmat banget. Apapun lauk penyetannya, pasti deh bikin lahap. Kali ini saya membuat penyetan yang terdiri dari iga bakar, telur rebus dan tempe goreng. Kalau mau ditambah tahu goreng juga pasti lebih spesial, tapi saya lagi gak punya tahu hehehe.
Iga bakarnya saya bumbu ala empal yang terasa manis dan asam. Untuk sambalnya saya membuat sambal terasi teri. Lalapannya cuma pakai timun, kacang panjang dan kemangi. Silahkan disesuaikan dengan selera aja ya. Membuat iga bakar ini memang membutuhkan waktu yang lumayan lama ketika merebus iga-nya. Kalau bisa jangan pakai panci presto ya, karena walaupun jauh lebih cepat empuk, nanti bumbunya kurang meresap. Disabar-sabarin aja deh ngungkep biasa di atas kompor yaaa hihihi

PENYETAN IGA BAKAR
Bahan :1 kg iga sapi, potong-potong1500 ml air (saya mix dengan air kelapa)3 helai daun salam3 cm lengkuas, memarkan100 gr gula merah, sisir halus1,5 sdm air asam jawa
Bumbu Halus :7 siung bawang putih2 sdt ketumbar1,5 sdt garam
Cara Membuat :1. Dalam panci masukkan air, air kelapa, iga, daun salam, lengkuas, gula merah dan bumbu halus.2. Masak hingga 1/2 empuk kemudian masukkan air asam jawa. Tambahkan garam dan gula pasir apabila rasanya belum pas. Teruskan memasak hingga iga empuk dan bumbu meresap. Apabila iga belum empuk dan air sudah menyusut bisa ditambahkan lagi ya.3. Angkat dan tiriskan kemudian bakar sambil sesekali dioles sisa bumbu.
SAMBAL TERASI TERI
Bahan :7 cabe merah / cabe keriting5 cabe rawit atau sesuai selera3 siung bawang putih3 butir bawang merah1 buah tomat1 sdt terasi bakar1 sdt gula merah, sisir halus1/2 sdt garam atau secukupnya1 sdt wijen sangrai3 sdm teri medan goreng Air jeruk limau (optional)Minyak goreng secukupnya
Cara Membuat :1. Panaskan minyak, goreng cabe merah, cabe rawit, bawang merah dan bawang putih. Angkat dan tiriskan. 2. Haluskan semua bahan kemudian tuangi sedikit minyak sisa menggoreng tadi. Kucuri dengan air jeruk limau bila suka.3. Siap disajikan
Penyelesaian :1. Letakkan lauk penyetan di atas sambal terasi teri, kemudian penyet perlahan.2. Taburi bawang goreng dan sajikan dengan lalapan.
Alhamdulillah….nikmat sekali kakak. Benar-benar menu penggugah selera saya. Lebih nikmat lagi kalau setelah menikmati penyetan iga bakar ini dilanjut dengan gadoin sayur asem ala Jakarta. Wuiiih…banyak banget makannya bund >_<
Selamat mencoba…semoga bermanfaat ya ^^
demikianlah tadi postingan tentang “PENYETAN IGA BAKAR” kali ini. harapan kami resep ini bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Sumber gambar & resep disadur plek dari : resepqtaqta.blogspot.com

Resep Lainnya Yang Banyak Disuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *