Resep Abon Lele Untuk Wirausaha

Resep Abon Lele Untuk Wirausaha – halo pecinta kuliner semua, pada kesempatan kali ini admin akan persembahkan “Resep Abon Lele Untuk Wirausaha“. harapan kami resep ini dapat bermanfaat untuk kamu yang suka memasak. jangan lupa sebarkan Resep Abon Lele Untuk Wirausaha ini ke rekan anda ya.

Resep Abon Lele Untuk Wirausaha

Cara Membuat ABON LELE

Resep Abon Lele

BAHAN Abon Lele:

  • Ikan Lele (10 kg)
  • Bawang merah (1 kg). Sejumlah 750 gram dari bawang ini dijadikan bawang goreng.
  • Bawangputih (400 gram)
  • Bubukketumbar (50 gram)
  • Lengkuas (50 gram)
  • Daunsalam (15 lembar)
  • Sereh (7 potong)
  • Gulapasir (750 gram)
  • AsamJawa (50 gram)
  • Santankental (2000 ml)

CARA PEMBUATAN Abon Lele:

  1. Penyiangan ikan. Ikan lele disiangi. Jeroan serta kepala dibuang. Sesudah itu ikan dipotong-potong serta dicuci bersih.
  2. Penyiapan suiran ikan. Bagian ikan yang sudah dicuci bersih dikukus selama 1 jam. Sesudah dingin, tulang ikan dibuang, lalu disuir-suir serta ditumbuk dengan pelan-pelan sehingga berbentuk serat-serat halus.
  3. Penyiapan bumbu serta santan. Lengkuas serta sereh dipukul-pukul sampai memar. Bawang merah (250 gram), bawang putih serta ketumbar digiling halus, lalu ditumis. Sesudah rada harum, ditambahkan santan kental, lengkuas, asam jawa, gula, daun salam serta sereh. Pemanasan diteruskan sampai mendidih serta volume santan tinggal setengahnya.

Pemasakan abon

  1. Suiran dimasukkan sedikit demi sedikit ke didalam santan mendidih.
  2. Sementara itu, api dikecilkan sekedar menjaga santan tetap mendidih. Pemanasan yang disertai pengadukan dijalankan sampai suiran ikan menjadi setengah kering. Hasil yang diperoleh disebut dengan abon lembab ikan.
  3. Abon lembab ikan lele diangkat, lalu digoreng didalam minyak panas (temperatur 170° C) sampai garing (apabila diremas berkemersik).
  4. Penirisan. Abon panas yang baru diangkat dari minyak perlu segera ditiriskan. Penirisan dianjurkan dengan memakai alat peniris sentrifugal, alat pres ulir, ataupun pres hidrolik. Sesudah ditiriskan dengan alat peniris sentrifugal, ataupun alat pres, abon dipisah-pisahkan.
  5. Pencampuran dengan bawang goreng. Abon yang sudah ditiriskan dicampur dengan bawang goreng. Hasil yang diperoleh disebut dengan abon ikan.
  6. Abon ikan dikemas di didalam bungkusan yang tertutup rapat. Kantong plastik adalah salah satu bungkusan yang cukup baik dipakai untuk mengemas abon.

demikianlah tadi informasi tentang “Resep Abon Lele Untuk Wirausaha”. harapan kami resep ini memberi manfaat untuk pengunjung dimanapun berada. Jangan lupa klik tombol share ya biar semakin banyak orang yang mengetahui resep Resep Abon Lele Untuk Wirausaha ini.

Sumber gambar & resep : allresep.com

Resep Lainnya Yang Banyak Disuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *