Resep dan Cara Membuat Mie Bayam Sendiri di Rumah

Resep dan Cara Membuat Mie Bayam Sendiri di Rumah – hai pecinta kuliner semuanya, pada kesempatan kali ini saya akan sajikan “Resep dan Cara Membuat Mie Bayam Sendiri di Rumah“. semoga saja resep ini berguna untuk pembaca yang hobi memasak. jangan lupa sebarkan Resep dan Cara Membuat Mie Bayam Sendiri di Rumah ini ke rekan kamu ya.

Resep dan Cara Membuat Mie Bayam Sendiri di Rumah

Mie Bayam
Resep Mie Bayam menghasilkan bentuk, warna dan aroma berbeda. Jika mie pada umumnya berwarna kuning atau putih, maka efek dari pemakaian bayam adalah warna hijau. Mie ini bisa disajikan dalam beragam jenis masakan, mulai dari kuah, goreng hingga panggang. Tertarik untuk membuatnya? Siapkan bahan dan ikuti langkah berikut:
Bahan-bahan:

  • 150 gram tepung terigu protein tinggi
  • 25 gram bayam dan 1 sendok makan air, diblender
  • 20 gram maizena
  • 1 butir telur bebek
  • 1/2 sendok teh garam
  • Tepung sagu, sedikit saja untuk taburan

Cara Membuat:

  1. Persiapkan air Sari bayam yang sudah Diblender dan disaring/diperas.
  2. Campurkan terigu, maizena, telor, dan bayam. Aduk rata. Penggunaan air bayam sesuaikan dengan kelembaban tepung. Masukkan sedikit demi sedikit jangan langsung banyak sekaligus. Jika dirasa sudah cukup, hentikan penggunaan air bayam.
  3. Adonan siap diolah. Tidak perlu diuleni sampai elastis. Cukup sampai kalis saja (tidak lengket). Sekarang siapkan alat mie dan serbet/kain untuk meletakkan mie.
  4. Pertama, bagi adonan menjadi tiga atau empat bagian. Ini untuk pemula ya, kalau sudah expert cukup dibagi 2 saja. Ambil satu bagian, masukkan ke alat penggiling mie pada posisi nomor 1 (penggiling mie biasanya sampai nomor 8). Makin besar nomor makin rapat (makin tipis) adonan yang dihasilkan. Nah ini hasil adonan pertama mie digiling. Taburi permukaan mie dengan sedikit sagu. Biasanya di alat mienya juga saya taburkan sedikit sagu.
  5. Lipat adonan seperti di gambar dan masukkan lagi ke penggiling. Lakukan terus menggiling di nomor 1 sampai 10 kali.
  6. Setelah selesai nomor 1, pindahkan ke nomor 2. Giling sebanyak 5 kali. Pindahkan ke nomor 3, giling lagi sebanyak 5 kali. Terus di ulang sampai nomor 6. Adonan akan semakin halus, panjang, dan tipis.
  7. Setelah selesai digilas, letakkan adonan diatas serbet/kain bersih. Boleh taburi sedikit tepung di serbet.
  8. Ambil lagi adonan mie yang masih berupa gumpalan. Lakukan penggilingan lagi. Jangan lupa kembalikan alat mulai dari knomor 1 lagi.
  9. Setelah semua adonan diproses, sekarang letakkan alat pemotong mie. ambil 1 adonan panjang, kemudian proses dengan alat pemotong. Ada 2 pilihan mau yang ceper lebar atau yang seperti lidi.

Selamat mencoba yaa… Bagikan resep ini ke teman bunda yang lain. Semoga bermanfaat!

Sumber gambar & resep : anekaresep76.blogspot.com

Resep Lainnya Yang Banyak Disuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *