Resep Pindang Tongkol Bumbu Merah Masakan Tradisional

Resep Pindang Tongkol Bumbu Merah Masakan Tradisional – halo pembaca semuanya, saat ini tabloidkuliner.com akan berbagi informasi tentang “Resep Pindang Tongkol Bumbu Merah Masakan Tradisional“. semoga resep ini membawa manfaat untuk kamu yang hobi memasak. jangan lupa sebarkan Resep Pindang Tongkol Bumbu Merah Masakan Tradisional ini ke saudara kamu ya.

Resep Pindang Tongkol Bumbu Merah Masakan Tradisional

Resep Pindang Tongkol – Masakan yang konon berasal dari daerah padang ini merupakan masakan yang terkenal dengan rasa pedasnya, seperti kita ketahui ciri khas masakan dari daerah padang adalah citarasa pedasnya yang pas, selain pedas rasa asin dari masakan padang juga terasa sekali beda dengan masakan jawa yang cenderung pedas.
Pindang tongkol merupakan ikan hasil pengawetan ikan tongkol dengan menggunakan kadar garam yang sedikit atau lebih dikenal dengan semi preserved. berbeda dengan ikan asin ikan pindang diolah dengan cara digarami lalu di asapi atau bisa juga di jemur pada terik matahari, hal ini akan membuat ikan terasa garing meskipun tidak sampai dalam.
Resep Pindang Tongkol Bumbu Merah Masakan Tradisional
Resep Pindang Tongkol Bumbu Merah Masakan Tradisional
Selain dimasak dengan menggunakan bumbu merah pedas biasanya pindang tongkol juga di beri bumbu pedas dengan kuah kuning, pindang merupakan ikan yang dapat diolah dengan beberapa bumbu masakan, dengan bumbu yang pas akan membuat masakan lebih enak selain tentusaja gizi yang baik dari ikan tongkol.
Selain enak pindang ikan tongkol merupakan lauk yang bergizi, dengan memasak pindang tongkol bunda bisa menggurangi kadar penggunaan cabai bila bunda berniat menyajikan pindang tongkol kepada buah hati bunda, pindang tongkol merupakan lauk yang memiliki banyak gizi yang baik untuk pertumbuhan buah hati.
Pindang Tongkol bisa bunda kreasikan dengan menambahkan sayuran jika bunda membuatnya terlalu pedas dan bunda sudah terlanjur membuatnya bunda bisa mengurangi rasa pedas dengan menambahkan berbagai macam sayura seperti wortel dan kentang, tambahkan juga perasan jeruk nipis untuk mengurangi bau ikan, Berikut adalah Resep Pindang Tongkol Bumbu Merah Masakan Tradisional.
Ikan Tongkol
Ikan Tongkol

Bahan Membuat Pindang Tongkol

  1. Pindang Ikan Tongkol 250 gram
  2. Daun Bawang 1 batang
  3. Tomat 1 buah potong tipis
  4. Bawang bombay 1/2 potong tipis
  5. Kaldu ayam 1/4 sdt
  6. Garam 1/2 sdm
  7. Air 200ml
  8. Minyak untuk menumis

Bumbu Halus

  1. Cabe merah besar 6 buah
  2. Kemiri 4 butir
  3. Bawang merah 4 butir
  4. Bawang putih 2 siung

Cara Membuat Pindang Halus

  • Potong pindang tongkol sesuai selera
  • Panaskan minyak lalu tumis semua bumbu halusnya serta masukan bawang bombay hingga harum
  • Tuangkan Air, garam, kaldu bubuk, aduk rata
  • Setelah air cukup mendidih masukan pindang yang sudah disiapkan, masukan juga irisan daun bawang serta potongan tomat
  • Masak sampai air cukup mengering
  • Sajikan
Cukup mudah ya bunda cara membuat pindang ikannya, bunda akan dengan mudah mendapatkan pindan ikan tongkol di pasar tradisional, bahkan sekarang bunda dapat dengan mudah mendapatkan pindang ikan tongkol di pasar swalayan, untuk pindang yang maksimal jangan lupa tambahkan perasan jeruk nipis untuk mengurangi bau amis dari ikan tongkol.

Baca Juga : Resep Ayam Goreng Tulang Lunak

  Note :
  1. Untuk resep yang kami tulis merupakan resep yang dapat di pertanggung jawabkan.
  2. Semua resep yang kami Reverensikan merupakan resep yang sudah kami coba, lalu kami tulis kembali.
  3. Untuk Takaran penyedap rasa lebih baik di hilangkan, untuk menciptakan masakan yang bergizi dan menyehatkan.

demikianlah tadi artikel tentang “Resep Pindang Tongkol Bumbu Merah Masakan Tradisional”. harapan kami resep ini memberi manfaat untuk anda sekalian. Jangan lupa bantu share ya biar semakin banyak kawan yang mengetahui resep Resep Pindang Tongkol Bumbu Merah Masakan Tradisional ini.

Sumber gambar & resep : lumbungresep.blogspot.com

Resep Lainnya Yang Banyak Disuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *