Seblak Bakso

Seblak Bakso – hai pecinta kuliner semuanya, saat ini saya akan sharing mengenai “Seblak Bakso“. kami harap resep ini berguna untuk pengunjung semua yang cinta memasak. jangan lupa teruskan Seblak Bakso ini ke rekan qmu ya.

Setelah sibuk beberapa hari di luar rumah seharian terus, akhirnya bisa kembali lagi ke dapur..hihi. Rasanya  memang aku lebih nyaman di rumah..berkreasi dari rumah..di banding beraktifitas di luar rumah..kalau pas hari kerja..menembus macet..menembus hujan..hahah..lebay…! Padahal ya naik mobil, tinggal duduk aja. Tapi rasanya itu beda…lebih ayem..anteng aja di rumah..toh bisa bekerja juga dan berkarya dari rumah.
Dari semalem lagi rajin di dapur, tadi malam bikin pizza sama Yodha..pagi bikin sate jamur..siang bikin Seblak. Hawa yang dingin dan mendung, pas banget dech makan seblak yang puedess dan hangat. Awas ingat diet ya…kalau masak seblak, karena di jamin nambah terus..kapok pedes, tapi kapok lombok..pengen nyuap terus gitu.
Biar beda seblak kali ini aku tambah bakso yang aku goreng dulu. Enak ternyata..buat sensasi gurih-gurihnya. Kalau seblak kerupuk kanji aja kok monoton rasanya..hihi. Jadi biar ada tambahan gizi juga..Seblak itu bisa di variasikan kok teman-teman. Dulu aku pernah buat seblak ceker, daging, dll. Kalau pakai ceker, daging kan musti lama masaknya. Jadi yang paling praktis nich Seblak bakso, sosis gitu, tinggal cemplung-cemplung bahan..mateng dech.
Tips membuat Seblak, agar sedep, tumis bumbu hingga benar-benar matang. Kerupuk aku udah nemu cara biar nggak mudah lembek atau hancur waktu di masak dan bumbunya bisa meresap. Kerupuk masuk dari mentah aja..setelah di cuci bersih dan di rendam air sebentar. Jadi waktu proses pemasakan, kerupuknya menyerap bumbu-bumbunya. Ketika matang, makan tekture kerupuknya akan pas, tidak terlalu lembek, namun sudah empuk. Jika kerupuknya terlalu matang atau lembek, biasanya kuahnya akan terserap juga, jadi kurang sip rasanya.
Seblak ada berbagai versi bumbunya. Ada yang cabai sama kencur dan bawang putih aja, aku udah pernah coba dulu yang Seblak Ceker. Resep sudah ada di webku ini. Kalau sekarang aku pakai bumbu yang lebih lengkap..bawang merah, bawang putih, cabai, kencur. Aku lebih suka versi ini, lebih sedep. Terserah saja sesuai selera ya teman-teman. Ada juga yang pakai telur yang di kocok, di masukkan ketika Seblak hampir matang. Tapi aku kurang suka, karena kuahnya agak amis jika dingin seblaknya. 
Oke, langsung saja ini dia resep seblak ala aku ya..:)

Seblak Bakso
Bahan :150 gram kerupuk kanji, rendam air selama 15 menit10 buah bakso, belah dua, goreng50 – 100 gram cabai rawit merah ( sesuaikan level pedasnya..hihi )6 butir bawang merah2 siung bawang putih2 cm kencur400 ml air1 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera1 sendok teh gula pasir
Cara Membuat :Haluskan bawang merah, bawang putih dan kencurTambahkan cabai rawit, ulek kasar saja cabainyaTumis bumbu di atas hingga matang dan harumMasukkan air dan semua bumbu lainDidihkanMasukkan kerupuk kanjiMaska hingga kerupuk agak empukTambahkan baksoKoreksi rasaSajikan hangat
Silahkan..Seblaknya, siapa mau coba nich..yang doyan cuma aku di rumah..hihi…jadi langsung dari wajan saja nich ya..nggak usah plating..Lol..!

demikianlah tadi info tentang “Seblak Bakso” kali ini. semoga saja resep ini memberi manfaat untuk anda semuanya.

Sumber gambar & resep disadur plek dari : resepqtaqta.blogspot.com

Resep Lainnya Yang Banyak Disuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *