Tips Cara Membersihkan Pisau Berkarat

Tips Cara Membersihkan Pisau Berkarat – hai pengunjung tabloidkuliner.com semuanya, pada kesempatan ini tabloidkuliner.com akan berbagi info tentang “Tips Cara Membersihkan Pisau Berkarat“. kami berharap bahwa resep ini cocok untuk pembaca yang hobi memasak. jangan lupa bagikan Tips Cara Membersihkan Pisau Berkarat ini ke saudara anda ya.

Tips Cara Membersihkan Pisau Berkarat

Tips Cara Membersihkan Pisau Berkarat. Bunda..siapa sich yang gak sebel kalau pisau yang kita beli berkarat. Noda berkarat yang terdapat pada pisau membuat penampilan pisau menjadi tidak sedap di pandang dan yang paling membahayakan bila kita menggunakan pisau berkarat adalah kuman atau bakteri yang terdapat di dalamnya bisa membahayakan kesehatan kita. Namun kalau bunda mendapati pisau berkarat di dapur, bunda jangan buru-buru membuangnya. Karena ada beberapa cara yang bisa menghilangkan karat pada pisau sehingga pisa menjadi bersih dan bisa digunakan lagi dengan aman. Nah, kalau bunda penasaran apa aja cara-cara yang bisa menghilangkan noda karat pada pisau, simak tipsnya di bawah ini..
  1. Rendam dengan minuman soda kola – minuman soda kola ternyata tak hanya bisa menyegarkan tenggorakan kita, akan tetapi minuman soda kola ternyata juga sangat ampuh untuk membersihkan karat. Baik itu karat yang terdapat pada pisau maunpu pada peralatan dapur lainnya. Caranya cukup mudah, bunda tinggal merendam pisau yang berkarat pada mangkuk atau gelas yang telah diisi dengan minuman soda kola. Biarkan selama kurang lebih 30 menit dan cek hasilnya. Namun bila noda karat belum pudar seluruhnya teruskan merendam sampai karat benar-benar pudar dan hilang.
  2. Gunakan Kentang – Kandungan asam oksalat yang terdapat dalam kentang ternyata bisa membantu untuk menghilangkan penumpukan karat. Ada dua cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan karat. Cara yang pertama : tusukkan pisau yang berkarat pada kentang dan biarkan selama sehari semalaman. Esok harinya ambilpisau dari kentangdan gosok-gosok dengan bola penggosok alumunium sampai bersih. Cara yang ke dua : iris kentang menjadi dua bagian, kemudian lapisi bagian dalamnya dengan baking soda secukupnya. Lalu gosok kuat-kuat bagian pisau yang berkarat tersebut pada kentang yang telah berlapis baking soda sampai karatnya luntur. Terakhir gosok sisa karat yang masih menempel dengan bola penggosok alumunium.
  3. Gosok dengan pasta baking soda – Bunda, baking soda ternyata juga bisa digunakan untuk membersihkan pisau yang berkarat. Caranya adalah dengan mencampurkan baking soda dan air secukupnya, hingga bentuknya seperpi pasta. Lalu oleskan pasta baking soda pada bagian pisau yang berkarat, kemudian ambil spons pembersih atau bola penggosok alumunium dan mulai menggosok-gosok bagian yang berkarat sampai karatnya benar-benar hilang.
  4. Rendam dalam air perasan lemon atau jeruk nipis – Selain efektif untuk membantu menghilangkan noda pada pakaian ternyata lemon dan juga jeruk nipis juga efektif untuk menghilangkan karat pada pisau. Caranya, taburkan garam pada bagian pisau yang berkarat selama beberapa menit. Lalu masukkan pisau ke dalam mangkuk yang berisi air perasan lemon atau jeruk nipis. Rendam cukuplama sampai karatnya mulai luntur. Kemudian kikis sisa karat dengan bola penggosok alumunium.
  5. Rendam dengan cuka – Kandungan asam yang dimiliki cuka sangatlah tinggi sehingga bisa dijadikan sebagai cara untuk membuat pisa menjadi mengkilaplagi. Caranya cukup mudah, bunda cukupmerendam pisau berkarat itu ke dalam wadah yang telah diisi cuka selama semalaman. Keesokan harinya dijamin noda karat akan memudar. Kemudian kita tinggalmenggosok sisa karat dengan bola penggosok alumunium. Setelah itu cuci pisau seperti biasa dengan menggunakan sabun hingga bersih.


itulah tadi postingan tentang “Tips Cara Membersihkan Pisau Berkarat”. mudah-mudahan resep ini bermanfaat untuk pembaca semua. Jangan lupa bantu share ya biar semakin banyak kawan yang tahu akan resep Tips Cara Membersihkan Pisau Berkarat ini.

Sumber gambar & resep : resep-masakan-spesial.blogspot.com

Resep Lainnya Yang Banyak Disuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *