Tips Menyimpan Santan Kelapa Agar Awet dan Tidak Mudah Basi

Tips Menyimpan Santan Kelapa Agar Awet dan Tidak Mudah Basi – baiklah pembaca semuanya, pada kesempatan ini kami akan berbagi info tentang “Tips Menyimpan Santan Kelapa Agar Awet dan Tidak Mudah Basi“. admin harap resep ini dapat bermanfaat untuk kamu yang suka memasak. jangan lupa teruskan Tips Menyimpan Santan Kelapa Agar Awet dan Tidak Mudah Basi ini ke rekan qmu ya.

Tips Menyimpan Santan Kelapa Agar Awet dan Tidak Mudah Basi

Santan Kelapa
Kualitas santan kelapa sangat mempengaruhi rasa masakan yang kita buat. Tapi masih sering bingung gimana cara menyimpan santan kelapa yang baik dan benar? Menyimpan santan kelapa ternyata butuh cara khusus dan tersendiri. Simak uraiannya berikut ini.

Ingin Menyimpan untuk Jangka Pendek atau Panjang?
Pastikan dulu Anda ingin menyimpan santan kelapa untuk berapa hari. Pada umumnya, santan kelapa bisa bertahan 4-6 hari jika disimpan di dalam kulkas. Tapi santan kelapa bisa bertahan hingga 3 bulan jika Anda menyimpannya di dalam freezer.

Santan kelapa sebaiknya disimpan di dalam wadah tertutup, seperti dalam wadah atau plastik tertutup. Jangan menyimpannya dalam kaleng logam yang tidak tertutup rapat.

Berbagai Alternatif Menyimpan Santan Kelapa Agar Tidak Mudah Basi
Anda bisa mencoba sejumlah alternatif menyimpan santan kelapa berikut ini sesuai dengan kebutuhan Anda.

Alternatif Pertama
Parut kelapa, lalu siram dengan air panas. Jangan diperas dulu. Dinginkan, hingga asapnya hilang. Baru setelah itu masukkan ke dalam kulkas. Ketika Anda membutuhkan santan kelapa ini, Anda tinggal mengeluarkannya dari kulkas dan peras parutan kelapa tersebut. Usahakan tidak menggunakannya setelah lewat dari 24 jam agar tidak mendapatkan santan kelapa yang basi.

Alternatif Kedua (Tanpa Memasukkannya ke Dalam Kulkas)
Setelah kelapa diparut dan disiram air panas, peras lalu rebus. Simpan dalam wadah. Anda bisa kembali merebusnya setiap enam jam sekali. Kualitas santan ini bisa bertahan selama 24 jam.

Alternatif Ketiga (Agar Santan Bertahan Selama Satu Bulan)
Setelah santan sudah jadi, tambahkan sedikit garam. Kemudian rebus lalu dinginkan. Masukkan ke dalam plastik, lalu simpan di dalam freezer.

Alternatif Keempat (Agar Santan Bertahan Selama Tiga Bulan)
Ingin tetap bisa menggunakan santan untuk jangka waktu panjang? Anda bisa coba cara yang satu ini. Pertama, simpan santan dalam wadah yang tertutup rapat. Lalu, masukkan ke dalam freezer hingga membeku. Anda butuh waktu 24 jam untuk mencairkan santan beku ini jika ingin menggunakannya.

Semakin lama santan kelapa disimpan, kualitasnya pun akan menurun. Akan lebih baik jika Anda langsung menggunakan santan kelapa yang baru Anda perasa untuk mendapatkan masakan yang lezat.

Sumber gambar & resep : anekaresep76.blogspot.com

Resep Lainnya Yang Banyak Disuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *